Buton

Upsus Siwab 2018, Buton Target Panen 650 Ekor

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Melalui Upaya Khusus Sapi Wajib Buting (Upsus Siwab) tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton menargetkan bakal memanen 600-650 ekor sapi berbagai jenis dari sejumlah peternak di wilayahnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Azizu mengatakan, tahun ini pihaknya mendapat bantuan 1500 dosis Inseminasi Buatan (IB) untuk mendongkrak populasi sapi. Sebanyak 600 ekor sudah disuntik dan minimal sebanyak itu pula angka kelahirannya pada tahun 2018.

Selan meningkatkan jumlah ternak, jelas Azizu, program peningkatan populasi sapi ini juga untuk mensukseskan program swasembada daging sapi. Tahun 2016 lalu pihaknya mendapat bantuan 300 dosis IB, hasilnya pada 2017 ada 167 sapi jenis limosin dan brahma.

“Jadi untuk mendukung program kawin suntik atau inseminasi buatan ini, kami sudah siapkan 1500 dosis IB yang akan disebarkan kepada peternak yang tersebar di enam kecamatan selain Wabula. Mudah-mudahan program ini dapat mendongrak populasi sapi sehingga bukan hanya beras tapi swasembada daging juga dapat kita capai,” harapnya yang disampiakan dalam tatap muka dengan para peternak sapi di Desa Wajah Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan, Sabtu (23/12).

Program kawin suntik itu, lanjut dia, merupakan salah satu upaya pengembang biakan sapi. Keunggulannya pada umur lima bulan, sapi sudah bisa dijual dengan kisaran Rp 5 juta per ekor. Tentu berbeda dengan sapi biasa.

“Nanti petugas akan membantu peternak yang ternaknya siap suntik. Biasanya kalau memasuki masa birahi dia cepat bunting sehingga bisa melahirkan anak setiap tahunnya satu ekor,” ujarnya.

Jika program ini dikembangkan secara serius, kata dia, bukan tidak mungkin pada 2018 mendatang Kabupaten Buton akan swasembada daging. Apalagi peternaknya ada di enam wilayah kecamatan.

Kendati demikian, Azizu mengaku pihaknya masih mempunyai kendala soal tenaga aseptor. Yang ada sekarang hanya beberapa orang saja sementara wilayah Kabupaten Buton cukup luas. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker