Butur

Urus Daerah, Bupati Butur Tak Hadiri Penyerahan Piagam Penghargaan Peduli HAM

BUTONPOS.COM, BURANGA – Berbagai prestasi dan penghargaan kembali diraih oleh pemerintah kabupaten Buton Utara (Butur). Bahkan pada peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke-69, Bupati Butur Abu Hasan kembali mendapatkan piagam penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo, sebagai kepala daerah peduli HAM.

Namun sayangnya, penghargaan peduli HAM yang diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Yasonna Laoly, pada Minggu (10/12) lalu, di The Sunan Hotel Solo Provinsi Jawa Tengah, orang nomor satu di Butur tersebut tak sempat menghadiri.

Penghargaan sebagai daerah peduli HAM, ikut dibenarkan oleh Kasubag Protokoler Kerjasama dan Komunikasi Publik, Sadeking. Menurutnya, Butur merupakan salah satu daerah di Sultra yang menerima penghargaan sebagai peduli HAM, namun Bupati tak sempat menghadiri momen tersebut.

“Ia benar, tapi Bupati tidak sempat hadir karena disibukkan dengan agenda yang harus diselesaikan di Butur,” ungkap Sadeking, di kantor Sekretariat Daerah, Jumat (15/12).

Kata dia, penghargaan yang diraih merupakan suatu hal yang luar biasa dan pantas untuk kabupaten dengan slogan lipu tinadea kono sara ini. Pasalnya, selama ini, Pemkab Butur tidak pernah membeda-bedakan dan melakukan diskriminasi terhadap SARA.

”Siapapun masyarakat yang berdomisili di daerah ini, Pemda tidak pernah bersikap diskriminasi. Semua dianggap sama, tidak ada yang namanya membedakan antara satu dengan yang lain, sepanjang mereka itu mau berkontribusi untuk Butur,” tuturnya.

Pria murah senyum ini pun berharap ke depan, upaya dalam menegakkan HAM terus dijalankan, bahkan ditingkatkan lagi.

”Jangan sampai ada perbedaan diantara kita, terus tingkatkan tolerasni antar umat beragama maupun antar suku di daerah ini,” tandasnya.

Sebelumnya, penerimaan penghargaan sebagai daerah peduli HAM tersebut pernah diutarakan oleh Bupati Butur Abu Hasan, saat menghadiri acara pesta panen di Desa Gunung Sari, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, Pemda Butur akan menerima penghargaan sebagai daerah peduli HAM. Pria berkacamata itu mengkalim bahwa penghargaan tersebut memang pantas diperoleh, karena selama dua tahun memimpin Butur dirinya tidak pernah membeda-bedakan satu sama lain, dimatanya semua sama.

“Bisa dilihat kan, karena selama dua tahun menjadi bupati tidak ada yang saya tindas, tidak ada yang dibeda-bedakan, baik itu teman maupun lawan pada Pilkada yang lalu, semua saya anggap sama. Jadi pantas Butur menerima penghargaan tersebut,” tandasnya. (m7)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker