Buton

Usulan DAK PU Buton Direalisasi Rp 28 Miliar

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Buton tidak sesuai harapan. Dari permohonan Rp 270 miliar, hanya Rp 28 miliar yang direalisasikan pemerintah pusat.

DAK reguler tahun 2018 itu direncanakan untuk menunjang pembangunan infrastruktur jalan raya, irigasi, pengadaan air bersih dan sanitasi. Jalan raya bakal menelan anggaran terbesar sekitar Rp 24,8 miliar. Sisanya untuk sanitasi Rp 1,5 miliar, irigasi Rp 1,4 miliar, dan air bersih Rp 900 juta.

DAK yang akan turun 2018 itu sangat minim jika dibanding tahun 2017 mencapai Rp 46 miliar. Realisasi penggunaannya sudah dirampungkan untuk syarat pencairan DAK 2018.

“Realisasi penyerapan DAK tahun ini sudah kami susun sesuai output kegiatan untuk ditembuskan ke pusat,” kata Kepala Dinas PU Kabupaten Buton, Muh Rajulan, ketika dikonfirmasi, belum lama ini.

Dia memperkirakan, DAK 2018 kemungkinan cairnya mulai April mendatang. Pihaknya kini masih menunggu Perintah Mulai Kerja (PMK) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

“Pekerjaannya nanti untuk pengaspalan jalan antar kecamatan, pengadaan air bersih, dan penataan Ibukota Pasarwajo. Nanti anggarannya turun baru kita mulai,” ucapnya.

Selain mengelola DAK, Dinas PU juga mendapat dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 60 miliar. Ini akan digunakan untuk mengoptimalkan pekerjaan mendesak lainnya. “Misal pengadaan air bersih dan termasuk pembenahan halaman perkantoran di Takawa,” tandas Rajulan. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker