Muna

Usulan Perubahan RPJMD Muna Ditolak

PUBLIKSATU.COM, MUNA – Usulan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Muna 2015-2020 yang diajukan Pemkab ditolak oleh DPRD. Alasannya, karena aturan tidak ada yang membolehkan itu.

Mukmin Naini, Anggota DPRD Muna heran dengan sikap Pemkab yang dipertengahan jalan mengajukan usulan perubahan. Hal itu menurutnya baru terjadi di era pemerintahan LM Rusman Emba.

Bicara melakukan perubahan sebagaimana diatur Permendagri no 86 tahun 2017, sambung Mikmin, sama sekali tidak ditemukan klausulnya. “Lalu apa dasarnya untuk diajukan perubahan. Kalau ada rekomendasi, perlihatkan!” tantang Mukmin.

Koleganya, La Ode Iskandar menerangkan, untuk perubahan RPJMD sudah tidak memungkinkan lagi. Karena, perubahan bisa dilakukan sebelum tiga tahun masa jabatan bupati berakhir. “Seharusnya diusul tahun 2018, kalau untuk saat ini sudah tidak memungkinkan lagi,” ucap politisi PDI-P itu.

Sukarman Loke, Asisten II Pemkab Muna berkelit, perubahan RPJMD itu mengacu pada lahirnya Permendagri no 86. Kemudian, adanya perubahan-perubahan regulasi yang merubah kondisi perencanaan daerah. Nah, dari perubahan itulah dimasukan di RPJMD.

“Sama sekali tidak ada yang melanggar aturan. Lagian tidak akan merubah subtansi yang ada, hanya dilakukan beberapa penyesuaian,” tandasnya. (cr1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker