Bombana

Wakil Rakyat Puji Program Tafdil-Johan

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Bupati Bombana, H Tafdil dan Wakilnya, Johan Salim mendapat suntikan energi guna membangun Kabupten Bombana kedepan. Program Gembira yang diusung tahun 2018 mendapat simpati dari kalangan anggota DPRD Bombana.

Bahkan semua fraksi di dewan tidak hanya kepalkan dukungan. Tapi lebih dari itu, ikut memuji hadirnya canangan Tafdil-Johan tersebut. Sebuah program yang disanjung wakil rakyat, sebab hampir 90 persen anggarannya, memprioritaskan kepada warga miskin.

Banjir pujian serta dukungan itu, tersaji pada Selasa (12/12), di aula rapat paripurna kantor DPRD Bombana. Rapat paripurna dengan agenda mendengar pandangan fraksi atas pidato pengantar Bupati Bombana, tentang rancangan Perda APBD 2018. Empat fraksi di DPRD menyetujui RAPBD itu untuk dibahas secara bersama.

Empat fraksi tersebut masing-masing Fraksi Golkar Bersatu, Fraksi Persatuan Pembangunan, Fraksi Perjuangan Restorasi Nurani dan Fraksi Amanat Nasional Bersatu. Respon positif didaulat ketika hadirnya pengalokasian anggaran 2018 sebesar Rp152 miliar. Anggaran itu dipolot khusus untuk peningkatan taraf hidup bagi warga miskin yang disebut Program Gerakan membangun dengan Ridho Allah atau disingkat dengan Gembira.

Fraksi Golkar misalnya, memuji Program Gembira dengan pemberian bantuan dana bagi mahasiswa senilai Rp 3 juta per semester selama empat tahun sebanyak 500 mahasiswa. Tidak cuma itu, enam program lainnya mendapat sanjungan yang sama.

Diantaranya, pemberian cuma-cuma untuk sambungan listrik bagi warga miskin sebanyak 500 rumah per tahun. Pemberian asuransi kesehatan untuk 38.331 warga kurang mampu, jaminan kematian atau asuransi tenaga kerja bagi 6000 warga berpenghasilan rendah, hingga Gembira Taskin atau bantuan bedah rumah, modal usaha, bantuan hukum serta ganti rugi akibat bencana alam.

“Fraksi kami memberikan lima jempol untuk canangan program-program Gembira. Kami memberikan lima jempol untuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa, hingga hadirnya asuransi kesehatan seperti Gembira Sehat. Semua program gembira adalah prioritas untuk mengsejahterakan masyarakat Bombana. Sehingga fraksi kami mendukukung program tersebut,” tutur Heryanto membacakan pandangan akhir Fraksi Golkar Bersatu.

Tiga fraksi lain juga sepaham. Mereka pun nyatakan dukungan yang sama. Bahkan Fraksi Persatuan Pembangunan yang sebelumnya dikhawatirkan bakal bersebrangan pandangan, sebab tidak sehaluan dengan Tafdil-Johan pada Pilkada Februari 2017 lalu. Namun di rapat paripurna yang digelar Selasa siang itu, melalui Wakil Ketua DPRD, Amiadin, secara terbuka nyatakan dukungan kepada Tafdil-Johan Salim untuk mewujudkan program Gembira.

Bahkan dalam pandangan Fraksi PPP itu dibuat simpel alias tanpa satupun yang dikoreksi dari pidato pengatar Bupati Bombana tersebut. “Tahun 2018 merupakan tahun pertama bupati kita H. Tafdil dan Wakilnya, Johan Salim. Fraksi kami tidak memberi komentar baik itu kritikan maupun saran. Pemda mengalokasikan ratusan miliar untuk kesejahteraan. Kami mengajak seluruh eleman masyarakat untuk mendukung full setiap program kesejahteraan canangan bupati dan wakil bupati Bombana ,” ujar Ketua Fraksi PPP, Makmur saat bcakan pandangan akhir fraksinya.

Dalam rapat paripurna tersebut, ikut hadir Bupati Bombana H. Tafdil bersama sejumlah perangkat kepala OPD Kabupaten Bombana. Pasca persetujuan empat fraksi tersebut, diikuti pula paripurna jawaban atas pandangan fraksi. Jelang sore hari, dewan menyimpulkan siap membahas rancangan APBD menjadi Perda APBD 2018 bersama Tim Anggaran Pemkab Bombana. (dar)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker