Wakatobi

Warga Mola Selatan Dapat Bantuan Perpipaan IPAL

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Sebanyak 50 jaringan perpipaan Instalasi Pengelolaan Air Limba Rumah Tangga (IPAL) kini terpasang dan akan dimanfaatkan sebanyak 78 Kepala Keluarga (KK) masyarakat Mola Selatan Kecamatan Wangiwangi Selatan.

Sebelum dimanfaatkan, Jumat (22/12) dilangsungkan peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita dan serah terima berita acara dari satuan kerja pengembangan penyehatan lingkungan permukiman (PSPL) Provinsi Sulawesi Tenggara kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Drs Muhammad Ilyas Abibu berharap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan itu dengan sebaik-baiknya. “Semoga program berbasis sanitasu masyarakat ini termanfaatkan dengan baik,” ujar Ilyas Abibu.

Ia berharap, adanya bantuan perpipaan instalasi pengelolaan air limba rumah tangga dari Pemerintah Pusat tersebut, mengurangi pencemaran lingkungan laut Wakatobi. “Ini bagian komitmen masyarakat untuk sama-sama menjaga status Wakatobi sebagai salah satu daerah destinasi wisata nasional,” tandasnya.

Bukan hanya di Mola Selatan, kata fasilitator sanimasi Provinsi Sultra, Muswan. Perhatian Pemerintah Pusat untuk Wakatobi tahun depan masih ada beberapa wilayah yang akan mendapat bantuan program yang tak kala pentingnya dengan IPAL. “Termasuk mengoptimalkan TPA dan drainase lungkungan,” terangnya.

Untuk diketahui, instalasi pengelolaan air limba rumah tangga program sanitasi berbasis masyarakat (Sanimasi) reguler 2017 untuk wilayah Timu Indonesia ini, untuk wilayah Sultra Penerintah Pusat melalui Kementerian PU memprioritaskan beberapa daerah seperti Kabupaten Buton, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Konawe. (p10)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker