Buteng

World Cleanup Day di Buteng, Sampah Plastik Bersih Sekejap

LABUNGKARI – Aksi bersih-bersih serentak atau World Cleanup Day (WCD) 2019, tingkat Kabupaten Buton Tengah (Buteng), dipusatkan di Lombe Kecamatan Gu, dengan menyasar Kelurahan Watulea, Kelurahan Bombonawulu, dan Desa Walando, Sabtu (21/9).

Dalam aksi bersih-bersih tersebut, terlibat seluruh OPD lingkup Pemkab Buteng, TP-PKK, personil TNI/Polri, perangkat Kecamatan Gu, perangkat kelurahan dan desa (Watulea, Bombonawulu, Walando), 28 komunitas, puluhan relawan dan partisipan, serta ratusan siswa-siswi SD, SMP, dan SMA se Kecamatan Gu.

Hanya butuh satu jam, sampah plastik dan lainnya yang tersebar di sejumlah titik dari dua kelurahan dan satu desa tersebut langsung bersih sekejap. Pasalnya, masing-masing orang yang terlibat begitu antusias melakukan pembersihan dan seakan berlomba memungut sampah untuk memenuhi kantong plastik dan karung yang dibawanya.

Sampah yang dipungut peserta WCD tersebut, kemudian dikumpul di satu tempat yang sudah ditentukan panitia. Sampah Kelurahan Bombonawulu dikumpul di Jembatan Lombe, sampah Kelurahan Watulea dikumpul di Lapangan J wayong Lombe, dan sampah Desa Walando dikumpul di depan Gedung Sanggar Seni desa setempat.

Sampah-sampah yang dikumpulkan dalam satu tempat itu, selanjutnya diangkut truk-truk dan gerobak sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buteng untuk dibuang di tempat pembuangan sampah yang ada. Para peserta kemudian kembali di titik kumpul depan eks Rujab Camat Gu untuk makan dan minum bersama.

Panitia kemudian menyerahkan piagam partisipasi sebagai peserta WCD Kabupaten Buteng 2019 kepada Bupati Buteng yang diwakili Kadis Kominfo La Ota, Kadis Lingkungan Hidup H Alimuddin, Sekretaris TP-PKK Kabupaten Buteng Ny Amini, Camat Gu Amir, Danramil 1413-10 Gu Kapten Infanteri Usman, Kapolsek Gu AKP Suriadi, Lurah Watulea, Lurah Bombonawulu, dan Kades Walando.

Leader WCD Kabupaten Buteng, Yulisnawati Abbas, mengatakan WCD merupakan kegiatan aksi bersih-bersih yang digelar serentak diikuti 157 negara di dunia, 34 provinsi di Indonesia, dan seluruh kabupaten/kota di Sultra.

“WCD ini sudah dua tahun terlaksana dan Kabupaten Buteng baru pertama kali ikut serta 2019 ini. Diikuti 28 komunitas dan OKP di Buteng dengan melibatkan relawan 1.044 orang. Jumlah ini berdasarkan daftar relawan dari masing-masing lingkungan yang ada di Kabupaten Buteng dengan anggota minimal 10 orang,” bebernya.

Relawan-relawan tersebut, kata Yulis, ikut ambil bagian melakukan aksi bersih-bersih serentak juga di Kecamatan masing-masing. “Kalau tingkat Kabupaten Buteng, tahun ini kita pusatkan di Lombe Kecamatan Gu dengan sasaran Kelurahan Watulea, Kelurahan Bombonawulu, dan Desa Walando,” pungkasnya.

POSE BERSAMA: Pemkab Buteng, TNI-Polri, dan komunitas relawan WDC 2019 berpose bersama usai aksi bersih-bersih di Lombe.

Di tempat yang sama, Bupati Buteng yang diwakili Kadis Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buteng, La Ota, mengucapkan permohonan maaf bupati dan wakil bupati yang tidak bisa bersama-sama melaksanakan aksi WCD karena ada kegiatan yang sama penting lainnya di luar daerah.

“Pemkab Buteng sangat mengapresiasi kegiatan WCD 2019 ini, termasuk tuan rumah Kecamatan Gu, dan panitia yang menginisiasi WCD hari ini di Kabupaten Buteng. Alhamdulillah, semua peserta yang terlibat sangat antusias mengikutinya,” tuturnya.

La Ota berharap, kegiatan seperti WCD tidak hanya dilakukan sekali dalam setiap tahunnya. Tetapi bisa dilakukan organisasi lainnya juga pada tahun yang sama. Sehingga aksi bersih-bersih ini dapat ditumbuhkembangkan di Kabupaten Buteng, minimal disetiap lingkungan masing-masing.

Untuk diketahui, titik-tik yang dibersihkan dalam WCD Buteng 2019 ini yakni Kelurahan Watulea di lingkungan 1-5, lingkungan 16, 18, 20, dan 23. Kelurahan Bombonawulu di Pasar Lombe, Teluk Lombe, lingkungan 5 dan 6, serta jalan poros Lombe-Tolandona. Desa Walando di Dusun Watete dan Dusun Walanda. Plus sekolah-sekolah, seperti depan SMAN 1 Gu menuju pasar, pekuburan Watulea dan pekuburan Bombonawulu.(uzi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker