Buteng

WTP Pertama, Pemkab Buteng Diberi Bonus Rp 22,5 Miliar

PUBLIKSATU.COM, BUTON TENGAH – Duet Samahuddin-La Ntau (SamaTau) memimpin Kabupaten Buton Tengah (Buteng) selama 2,5 tahun ini telah mengantarkan daerah berjuluk “Negeri Seribu Gua” itu dua kali berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2017 dan 2018.

Hebatnya, sebagai kabupaten yang masih berstaus Daerah Otonom Baru (DOB), Kabupaten Buteng selalu menempati rangking tertinggi atas tindak lanjut penyelesaian temuan BPK RI se Sultra. LKPD 2017 dengan skor 86,12 persen dan 2018 mencapai skor 88,16 persen.

“Dalam dua tahun berturut-turut kita mendapatkan WTP dari BPK-RI, kita sudah dapatkan bonusnya dari pemerintah pusat. WTP 2017 lalu, kita mendapat bonus sebesar Rp 22,5 miliar,” ungkap Bupati Buteng H Samahuddin ditemui di kantornya, pekan lalu.

Dari perolehan bonus itu, kata dia, pihaknya memanfaatkannya untuk dana pembangunan infrastruktur dan peningkatan di bidang pendidikan dan kesehatan. “Bonus Rp 22 miliar itu kita manfaatkan untuk lanjutan pengaspalan hotmix Lombe-Tolandona sebanyak Rp 12 miliar dan sisanya kita bagi untuk peningkatan di bidang pendidikan dan kesehatan,” bebernya.

Samahuddin berharap, pemerintah pusat dapat mengelontorkan bonus WTP 2018 lebih besar lagi jumlahnya dari bonus WTP 2017. “Bonus WTP 2018 akan diberikan 2019 ini dan mudah-mudahan jumlahnya meningkat dari WTP 2017 lalu. Kita berharap dari Rp 22,5 miliar menjadi Rp 25 miliar sampai Rp 30 miliar,” tukasnya.

Dengan begitu, bonus WTP tersebut dapat membantu anggaran pembangunan dan kegiatan di bidang lainnya yang sejauh ini mengandalkan APBD Kabupaten Buteng yang masih sangat minim. “Maka itu, saya menghimbau kepada semua OPD lingkup Pemkab Buteng untuk bekerja lebih baik lagi agar WTP yang sudah kita raih berturut-turut selama dua tahun ini dapat terus kita pertahankan dan tingkatkan lagi,” tandasnya.

Kepada masyarakat Kabupaten Buteng, Samahuddin juga meminta kerja sama dalam membantu tugas-tugas pemerintah dan memberi kesempatan serta kepercayaan kepada pemerintah daerah untuk bekerja dengan baik. “Mari kita saling bergandeng tangan untuk membangun daerah yang kita cintai ini menuju Kabupaten Buteng yang berkah,” tutupnya.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker